Jumat, 30 November 2012

Jenis-Jenis Pidato

Jenis-jenis Pidato

Juanda dalam bukunya Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA (2007:96) memaparkan bahwa berdasarkan metode penyampaiannya pidato terbagi ke dalam empat jenis.

1) Impromtu
Pidato Impromtu disebut juga metode pidato spontan atau pidato serta merta. Pidato impromtu disampaikan dengan tanpa persiapan. Pembicara secara langsung berbicara berdasarkan kemampuan seadanya.

2) Membaca Naskah
Pidato ini sering pula disebut pidato manuskrip. Pidato ini umumnya dilakukan oleh pejabat negara. Pidato membacakan naskah dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

3) Menghapal
Metode menghapal disebut juga memoriter. Metode ini dilakukan dengan penuh persiapan. Naskah yang akan dipidatokan dipersiapkan lebih dahulu kemudian dihapalkan kata demi kata.

4) Ekstemporan
Metode Ekstemporan dilakukan dengan cara menuliskan pokok-pokok pikiran yang akan dipidatokan. Juru pidato kemudian menyampaikan masalah yang telah disampaikan itu dengan kata-katanya sendiri. Ia menggunakan catatan itu untuk mengingatkannya tentang urutan dan ide-ide penting yang hendak disampaikannya.

Dari paparan tersebut dapat dimaknai bahwa kualitas pidato dengan cara membaca naskah sangat ditentukan oleh kualitas teks pidato, oleh karena itu keterampilan menulis teks pidato sangatlah penting untuk dikuasai.

Tidak ada komentar: